Tugas Matakuliah Pendidikan Agama
Islam 1
R Agus Suryahadi
1882050080
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.
Pertanyaan dan
Jawaban Hubungan antara Manusia dan Agama.
1. Sebutkan fungsi Agama untuk Manusia ?
A. Yaitu berhubungan dengan anak turunan Adam secara keseluruhan.
B. Yaitu kaitan substansial antara manusia dengan kemampuan penalarannya.
C. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
D. Yaitu untuk memelihara manusia dari penyimpangan,
kesalahan dan menjauhkannya
dari tingkah laku yang negatif.
E. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan
2. Sebutkan Konsep al-Basyr.atau Aspek fisik
menurut Al-Quran ?
A. Yaitu berhubungan
dengan anak turunan Adam secara
keseluruhan.
B. Yaitu kaitan substansial antara manusia dengan kemampuan penalarannya.
C. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
D. Yaitu untuk menyatakan manusia bila dilihat dari asal keturunannya.
E. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan
3. Sebutkan Konsep Al-Insan menurut Al-Quran ?
B. Yaitu kaitan substansial antara manusia dengan kemampuan penalarannya.
C. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
D. Yaitu untuk menyatakan manusia bila dilihat dari asal keturunannya.
E. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
4. Sebutkan konsep Konsep Al-Naas dalam Al-Quran ?
B. Yaitu kaitan substansial antara manusia dengan kemampuan penalarannya.
C. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
D. Yaitu untuk menyatakan manusia bila dilihat dari asal keturunannya.
E. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
5. Sebutkan konsep Konsep Bani Adam menurut
Al-Quran ?
A. Yaitu berhubungan dengan anak turunan Adam secara keseluruhan.
B. Yaitu kaitan substansial antara manusia dengan kemampuan penalarannya
C. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosia.
D. Yaitu untuk menyatakan manusia bila dilihat dari asal keturunannya.
E. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
6. Sebutkan Konsep Al-Ins menurut Al-Quran
A. Yaitu berhubungan dengan anak turunan Adam secara keseluruhan.
B. Yaitu kaitan substansial antara manusia dengan kemampuan penalarannya.
C. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
D. Yaitu mengisyaratkan dari “tidak liar” atau “tidak
biadab”. Dalam
konteks ini manusia merupakan kebalikan
dari jin.
E. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
7. Sebutkan Konsep Abdu Allah (Hamba Allah) dalam Al-Quran ?
A. Yaitu kaitan substansial antara manusia dengan kemampuan penalarannya.
B. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
C. Yaitu menusia diciptakan oleh Allah
supaya untuk mengabdi kepada-Nya.
D. Yaitu mengisyaratkan dari “tidak liar” atau “tidak biadab”. Dalam konteks ini
manusia merupakan kebalikan dari jin.
E. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan
8. Sebutkan Pengertian Aqidah menurut Al-Quran ?
A. Yaitu mengisyaratkan dari “tidak liar” atau “tidak biadab”. Dalam konteks ini
manusia merupakan kebalikan dari jin.
B. Yaitu beberapa perkara yang
wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman
jiwa dan tidak tercampur
sedikitpun dengan keragu-raguan
C. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
D. Yaitu berhubungan dengan anak turunan Adam secara keseluruhan.
E. Yaitu menusia diciptakan oleh Allah supaya untuk mengabdi kepada-Nya.
9. Sebutkan Pengertian . Syariat menurut Al-Quran ?
A. Yaitu pengertian hukum-hukum Allah yang diturunkan
untuk manusia.
B. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
C. Yaitu berhubungan dengan anak turunan Adam secara keseluruhan.
D. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
E. Yaitu peraturan-peraturan yang berhubungan denga pendidikan dan penyempurnaan jiwa.
10 Apa yang dimaksud Ilmu Akhlak ?
A. Yaitu peraturan-peraturan yang berhubungan dengan pendidikan dan penyempurnaan
jiwa.
B. Yaitu beberapa perkara yang wajib diyakini dalam hati, mendatangkan ketentraman jiwa dan
tidak tercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
C. Yaitu hubungkan dengan fungsi manusia sebagai makhluk sosial.
D. Yaitu peraturan-peraturan yang berhubungan denga pendidikan dan penyempurnaan jiwa.
E. Yaitu berhubungan dengan anak turunan Adam secara keseluruhan.
Pertanyaan dan
Jawaban Hubungan dengan Ma’rifatul Insan
1. Apa tujuan Allah SWT menciptakan manusia ke
dunia ?
A. Tujuan Allah SWT menciptakan
manusia ke dunia yaitu untuk beribadah
kepadaNya.
B. Ruh berasal dari alam arwah dan memerintah dan menggunakan jasad sebagai alatnya.
C. Yaitu didalam Al-Quran Surat 51 Ayat 56 Alah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu."
D. "Barang siapa mengenal dirinya niscaya mengenal Rabbnya."
E. Yaitu dengan jalan melaksanakan nilai-nilai ketaqwaan (ketaatan).
A. Ruh berasal dari alam arwah dan memerintah dan menggunakan jasad sebagai alatnya.
B. Yaitu didalam Al-Quran Surat 51 Ayat 56 Alah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu."
C. Ruh yaitu Al-Ruh dan Jiwa yaitu Al-Nafs
D. "Barang siapa mengenal dirinya niscaya mengenal Rabbnya."
E. Yaitu dengan jalan melaksanakan nilai-nilai ketaqwaan (ketaatan).
3. Jelaskan hubungan antara Ruh dan jasad ?
A. Yaitu didalam Al-Quran Surat 51 Ayat 56 Alah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu."
B. Ruh yaitu Al-Ruh dan Jiwa yaitu Al-Nafs
C. Ruh berasal dari alam arwah dan memerintah dan menggunakan jasad sebagai alatnya.
D. "Barang siapa mengenal dirinya niscaya mengenal Rabbnya."
E. Yaitu dengan jalan melaksanakan nilai-nilai ketaqwaan (ketaatan).
4. Sebutkan Ayat Al-Quran yang menerangkan Tujuan
diciptakan manusia oleh Allah SWT ?
A. Ruh yaitu Al-Ruh dan Jiwa yaitu Al-Nafs.
B. Ruh berasal dari alam arwah dan memerintah dan menggunakan jasad sebagai alatnya.
D. Yaitu dengan jalan melaksanakan nilai-nilai ketaqwaan (ketaatan).
E. Yaitu didalam Al-Quran Surat 51 Ayat 56 Alah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu."
5. Sebutkan arti "man a'rafa nafsah faqad a'rafa rabbah,”
?
A. Ruh berasal dari alam arwah dan memerintah dan menggunakan jasad sebagai alatnya.
B Ruh yaitu Al-Ruh dan Jiwa yaitu Al-Nafs
C. Yaitu "Barang siapa mengenal dirinya niscaya
mengenal Rabbnya."
D. Yaitu dengan jalan melaksanakan nilai-nilai ketaqwaan (ketaatan).
E. Yaitu didalam Al-Quran Surat 51 Ayat 56 Alah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu."
6. Sebutkan bagaimana caranya agar Manusia mendapat
sebuah kemenangan yang hakiki ?
C. Ruh yaitu Al-Ruh dan Jiwa yaitu Al-Nafs
D. Yaitu dengan jalan melaksanakan nilai-nilai ketaqwaan (ketaatan).
E. Yaitu didalam Al-Quran Surat 51 Ayat 56 Alah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin
dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu.
7. Sebutkan Firman Allah yg menyatakan ketaqwaan
seseorang akan sampai kepada kemenangan ?
A. Yaitu didalam Al-Quran Surat 51 Ayat 56 Alah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin
dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu.
B. Yaitu didalam Al-Quran Surat 24 Ayat 52 Allah Berfirman "Dan barang siapa yang taat
kepada Allah
dan bertaqwa kepada Allah dan RasulNya dan takut kepada Allah dan
bertaqwa kepadaNya maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan."
(QS.24:52).
C. "Barang siapa mengenal dirinya niscaya mengenal Rabbnya.
8. Sebutkan Ayat Al-Quran yang menyebutkan bahwa
Manusia harus menepati janji dalam Ibadahnya ?
A. Yaitu didalam Al-Quran Surat 51 Ayat 56 Alah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin
dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu.
B. Yaitu didalam Al-Quran Surat 16 Ayat 91 "Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila
kamu berjanji...."
C. Yaitu didalam Al-Quran Surat 24 Ayat 52 Allah Berfirman "Dan barang siapa yang taat
kepada Allah dan bertaqwa kepada Allah dan RasulNya dan takut kepada Allah dan bertaqwa
kepadaNya maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan." (QS.24:52).
D. "Barang siapa mengenal dirinya niscaya mengenal Rabbnya.
E. Ruh yaitu Al-Ruh dan Jiwa yaitu Al-Nafs.
9. Sebutkan makna Sikap muraqabah digambarkan oleh
Nabi Muhammad SAW ?
A. Ruh berasal dari alam arwah dan memerintah dan menggunakan jasad sebagai alatnya.
B Ruh yaitu Al-Ruh dan Jiwa yaitu Al-Nafs
C. Yaitu "Barang siapa mengenal dirinya niscaya mengenal Rabbnya."
D. Yaitu terpatrinya perasaan keagungan Allah Azza wa Jalla disetiap waktu dan keadaan
serta merasakan kebesaranNya di kala sepi ataupun ramai.
E. Yaitu dengan jalan melaksanakan nilai-nilai ketaqwaan (ketaatan).
10. Sebutkan makna tentang muhasabah ?
A. "Barang siapa mengenal dirinya niscaya mengenal Rabbnya."
B. Yaitu introspeksi diri, dimana Manusia Wajib menimbang segala amal
perbuatan didunia
sebelum ditimbang di Akhirat kelak.
C. Yaitu "Barang siapa mengenal dirinya niscaya mengenal Rabbnya."
D. Yaitu terpatrinya perasaan keagungan Allah Azza wa Jalla disetiap waktu dan keadaan serta
merasakan kebesaranNya di kala sepi ataupun ramai.
E. Yaitu dengan jalan melaksanakan nilai-nilai ketaqwaan (ketaatan).
Pertanyaan dan
jawaban tentang Etika Moral dan Akhlak
1. Sebutkan definisi dari Moral ?
A. Moral adalah tingkah laku, tata krama dan sopan santun.
B. Moral adalah Agama
C. Karena ajaran Moral itu berasal dari Allah SWT dan mengungkapkan kehendakNya.
D. Berarti kesusilaan, tabiat atau kelakuan. Moral dengan demikian dapat diartikan
sebagai
ajaran kesusilaan.
E. Setiap agama mengajakan moral yang menjadi pegangan bagi perilaku para penganutnya.
2. Sebutkan hubungan Moral dengan Agama ?
A. Moral berasal dari Tuhan yang Maha Esa.
B. Setiap agama mengajakan moral yang
menjadi pegangan bagi perilaku para penganutnya.
C. Moral adalah Agama.
D. Moral adalah tingkah laku, tata krama dan sopan santun.
E. Moral adalah ajaran kesusilaan.
3. Mengapa ajaran moral dalam suatu agama dianggap begitu penting ?
A. Moral berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.
B. Moral adalah Agama.
C. Moral adalah ajaran kesusilaan
D. Karena ajaran Moral itu berasal dari Allah SWT dan mengungkapkan
kehendakNya.
E. Moral adalah bagian dari filsafat.
4. Sebutkan pengertian Etika ?
A. Pengertian Etika Secara bahasa yaitu etika ialah tingkah laku, tata krama, sopan
santun.
B. Etika adalah ajaran kesusilaan.
C. Etika adalah bagian dari Filsafat.
D. Etika adalah berasal dari Tuhan yang Maha Esa.
E. Setiap Agama mengajarkan Etika yang menjadi pegangan dari Penganutnya.
5. Apakah Etika itu bagian dari Filsafat ?
Jelaskan.
A. Ya, Etika adalah bagian dari Filsafat, Etika adalah sebuah tatanan
perilaku yang
didasarkan atas suatu sistem tata nilai suatu masyarakat
tertentu. Etika berkaitan
dengan ilmu atau filsafat, karena itu yang menjadi
standar baik dan buruk adalah akal
manusia.(Rahmat Djatnika,1992:26).
B. Tidak, Etika adalah bukan bagian dari Filsafat.
didasarkan atas suatu sistem tata nilai suatu masyarakat tertentu.
C. Tidak, Etika adalah merupakan Moral.
D. Ya, Etika adalah bagian dari Filsafat. Karena Etika merupakan Moral.
E. Ya, Etika adalah bagian dari Filsafat. Karena Etika adalah berasal dari Agama.
6. Sebutkan tujuan Etika dalam Islam ?
A. Etika dalam Islam adalah berasal dari Allah SWT.
B. Etika dalam Islam bertujuan untuk Masyarakat tertentu.
C. Etika dalam Islam merupakan Filsafat yang ada didalam setiap Manusia.
D. Etika dalam Islam adalah Moral.
E. Etika Islam juga mengatur dan mengarahkan fitrah manusia kejenjang akhlak yang
luhur
dan mulia serta memperbaiki perbuatan manusia.
7. Sebutkan definisi tentang Akhlak ?
A. Akhlak berarti Mengatur dan mengarahkan Fitrah Manusia kejenjang Etika yang luhur dan
mulia serta memperbaiki perbuatan Manusia.
B. Akhlak dalam Islam merupakan Filsafat yang ada didalam diri setiap Manusia.
C. Akhlaq dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah sikap yang digerakkan
oleh jiwa yang
menimbulkan tindakan dan perbuatan dari manusia baik terhadap
Tuhan maupun
terhadap sesama manusia.
D. Akhlak dapat juga diartikan tabiatdan watak suatu Masyarakat tertentu.
E. Akhlak adalah Moral.
8. Terangkan Arti Akhlak dalam bahasa Arab ?
A. Akhlak dalam bahasa Arab adalah Al-Alk.
B. Akhlak dalam bahasa Arab adalak Al-Khaliq
C. Akhlak Menurut bahasa Arab yaitu “khuluq” artinya budi pekerti,
tabiat, dan watak,
dapat diartikan juga bahwa
akhlaq berarti budi pekerti.
D. Akhlak dalam bahasa arab adalah Khuluq yang artinya Moral.
E. Akhlak dalam bahasa Arab adalah Khuluq yang artinya Etika.
9. Coba jelaskan Pengertian Akhlak menurut yaitu
menurut Abdul Hamid Yusuf .
A. Menurut Abdul Hamid Yusuf, Akhlak adalah ilmu yang memberikan keterangan tentang
perbuatan baik dan buruk dan memberikan tata cara untuk memuliakannya
(Mahjuddin, 2004: 9)
B. Menurut Abdul Hamid Yusuf, akhlaq
adalah ilmu yang memberikan keterangan tentang
perbuatan yang mulia dan
memberikan cara-cara untuk melakukannya
(Mahjuddin, 2004: 9)
C. Menurut Abdul Hamid Yusuf, Akhlak adalah Perikemanusiaan. (Mahjuddin, 2004: 9)
D. Menurut Abdul Hamid Yusuf, Akhlak adalah penjelmaan dari sifat sifat baik dan buruk manusia (Mahjuddin, 2004: 9)
E. Menurut Abdul Hamid Yusuf, Akhlak adalah Moral (Mahjuddin, 2004: 9)
10. Coba jelaskan pengertian Akhlak menurut Ja’ad
Maulana
A. Menurut Ja'ad Maulana, Akhlak adalah ilmu yang memberikan keterangan tentang
perbuatan baik dan buruk dan memberikan tata cara untuk memuliakannya.
(Zahruddin, 2000: 6))
B. Menurut Ja'ad Maulana, akhlaq adalah ilmu yang memberikan keterangan tentang
perbuatan yang mulia dan memberikan cara-cara untuk melakukannya.
(Zahruddin, 2000:6))
C. Menurut Ja;ad Maulana, Akhlak adalah Perikemanusiaan. (Zahruddin, 2000: 6))
D. Menurut Ja'ad Maulana, Akhlak adalah penjelmaan dari sifat sifat baik dan buruk manusia
(Zahruddin, 2000: 6))
E. Menurut Ja’ad Maulana, akhlaq
adalah ilmu yang menyelidiki gerak jiwa
manusia, apa
yang dibiasakan mereka dari perbuatan dan perkatan dan menyingkap
hakikat-hakikat
baik dan buruk (Zahruddin, 2000: 6).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar