Kamis, 30 September 2021

R Agus Suryahadi
Pend.Bhs Inggris
1882050080


Pemasaran dan Promosi

Rangkuman Perkuliahan pertama.



Pendahuluan
Pemasaran adalah salah satu faktor yang sangat memengaruhi sukses tidaknya suatu Organisasi Bisnis.
Bisnis peroranganpun  memerlukan strategi pemasaran yang baik untuk memperoleh keuntungan yang sesuai dengan harapan pelaku bisnis.
Semuanya itu sangat bergantung pada Pemasaran, sehingga permintaan terhadap produk dan jasa yang dihasilkan terus mengalir dari Konsumen.


Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam kegiatan Pemasaran.
Bahwa Pemasaran itu bukanlah semata mata tanggungjawab dari Departemen Pemasaran dalam Ssuatu Organisasi Bisnis.Dalam organisasi Pemasaran yang benar benar hebat, Kita tidak dapat membedakan siapa siapa saja yang berada dibawah departemen Pemasaran, Semua orang yang berada didalam organisasi bisnis harus mampu mengambil keputusan yang akan berdampak kepada konsumen / Pelanggan (David Packard)


Philips Cotler, 2007 hal 5 
Mengatakan.
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan serta nginkan lewat penciptaan dan penukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
Pengelolaan Pemasaran adalah seni dan ilmu menentukan pasar target serta mendapatkan, memelihara dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, komunikasi serta penyediaan nilai nilai pelanggan yang unggul.


Pemasaran yang baik tidak lahir dari sebuah kebetulan, namun adanya progres perencanaan matang, terukur, terjadwal, disiplin dan cermat dalam melaksanakannya.

Pemasaran sebagai seni sekaligus ilmu serta bagaimana hasrat dan kreativitas dapat diaplikasikan untuk perorangan maupun organisasi bisnis.

Pemasaran secara kasat mata ada di setiap lini kehidupan sehari hari, baik itu yang terencana maupun yang tidak terencana tapi merupakan suatu kegiatan pemasaran untuk mendapatkaan suatu keuntungan.
Pemasaran yang terencana dengan baik menjadi suatu syarat dalam kesuksesan suatu kegiatan bisnis.
Tanpa disadari, aktivitas pemasaran selalu melekat didalam kehidupan sehari hari.

Pemasaran mempunyai suatu jargon yang harus melekat didalam tenaga pemasar.
Yaitu Kualitas Produk yang akan dipasarkan, Nilai atau keunggulan dari produk dan Delivery yang menjamin konsumen untuk mendapatkan produk yang tepat waktu.



Kesimpulan
Aktivitas Pemasaran adalah ujung tombak dari suatu Organisasi Bisnis, oleh karena itu baik tenaga pemasar maupun karyawan di departemen yang lainnya dalam sebuah organisasi Bisnis harus bersama sama mendukung departemen Pemasaran agar tujuan Oeganisasi Bisnis untuk mendapat pelanggan dan mendapat keuntungan akan tercapai.


Rangkuman Perkuliahan kedua.

Pendahuluan
Aktivitas Pemasaran adalah suatu kegiatan yang unik dan harus mempunyai strategi yg lain dari pada yang lain agar Produk yang Kita pasarkan dapat diterima oleh konsumen  dengan mudah.
Keunikan dari aktivitas pemasaran harus di rencanakan sedemikian rupa sehingga mempunyai Brand Image bagi pelanggan.
Branding itu akan mempermudah Kita sebagai tenaga Pemasar untuk mempromosikam Produk yang akan Kita pasarkan secara berulang ulang.


Apa saja Konsep inti yang harus Kita perhatikan dalam Pemasaran..?
Yaitu Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan.
Kebutuhan adalah suatu proses awal  yang harus diamati oleh tenaga Pemasar.
Kebutuhan berbanding lurus dengan Produk yang akan Kita Produksi dan Kita pasarkan.
Oleh karena itu seorang tenaga pemasar haruslah mempunyai insting yang kuat untuk dapat melihat kebutuhan Konsumen dari berbagai sisi, baik itu sisi momentum seperti Pandemi Covid 19, sisi Persaingan, sisi ketersediaan bahan baku, sisi geografis, sisi demografi dll. 


Keinginan adalah langkah kedua setelah kebutuhan, keinginan biasanya akan muncul setelah kebutuhan konsumen telah tercapai. Misalnya kebutuhan akan kendaraan, Konsumen akan mencari kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan kemudian karena kebutuhan konsumen telah terpenuhi maka konsumen akan melirik kepada kendaraan yang lebih bagus, trendy dan bergengsi.
Disinilah Peran Pemasar menangkap peluang untuk memenuhi keinginan Konsumen.


Permintaan merupakan langkah akhir yang harus diperhatikan oleh tenaga Pemasar, yaitu seberapa banyak konsumen akan menyerap produk yg akan dihasilkan Organisasi Bisnis Kita, dan seberapa besar kemampuan departemen Penjualan dapat melakukan Delivery yan tepat waktu dan yang terakhir seberapa benyak Tenaga Pemasar dapat melekukan Promosi yang berulang ulang sanpai Produk yang diserap konsumen akan jenuh.





Kesimpulan
Produk yang akan Kita pasarkan perlu direncanakan sebaik baiknya agar mampu memenuhi kebutuhan Konsumen.
Kemampuan menyediakan produk bagi konsumen juga tidak kalah penting agar depertemen produksi dapat merencanakan seberapa banyak produk yang akan di produksi.
Perlu diperhatikan pula, bahwa Kita tidak mungkin memenuhi seluruh permintaan pasar, maka Kita harus mencari pasar yang potensial agar produk Kita dapat diserap sesuai kebutuhan pasar.


Rangkuman Perkuliahan Ketiga.

Pendahuluan
Pemasaran yang efektif mempunyai beberapa faktor yang mempengaruhi dan harus diadakan sebuah riset pasar sebelum Kita mulai melakukan kegiatan Pemasaran / Marketing.
Faktor faktor yang mempengaruhi antara lain

1. Faktor Geografis
2. Faktor Demografis
3. Faktor Behavioristis.
4. Faktor Physico Grafis.


Faktor Geografis

Pada saat melakukan riset pasar, faktor geografis haruslah kita pertimbangkan ketika kita akan lakukan pemasaran.
Adapun yang harus Kita perhatikan adalah :
1. Letak suatu daerah  ditinjau dari jauh dekatnya dari Pusat kegiatan Ekonomi.
2. Populasi Penduduk dari Daerah yang akan Kita lakukan Pemasaran.
3. Kepadatan penduduk berbanding dengan luas daerah tersebut.
4. Iklim atau Cuaca rata rata dari daerah tersebut

Faktor Demografis.
Faktor Demografis juga menentukan jenis barang apa yang cocok untuk Kita lakukan Pemasaran.
Adapun yang harus Kita perhatikan adalah.:
1. Usia rata rata yang akan menggunakan Produk Kita.
2. Jenis Kelamin 
3. Ukuran Keluarga ( keluarga kecil, sedang atau besat)
4. Pendapatan Rata rata Penduduk yang akan menggunakan Produk Kita
5. Pekerjaan atau Jenis Pekerjaan Rata rata dari penduduk daerah tersebut
6. Agama
7. Ras / Kebangsaan.
Faktor Demofrafi sangat menentukan Jenis Produk apa yg akan Kita Pasarkan, misalnya jika Kita akan Memasarkan Produk Olahan Daging Sapi di Pulau Bali tentunya akan menemui kesulitan Pemasaran Karena Penduduk Rata rata di Pulau Bali beragama Hindu, Mereka tidak mengkonsumsi Daging Sapi. Juga sebaliknya Jika Kita menjual Produk olahan dari Daging Babi di daerah yang rata rata ber Agama Islam tentunya tidak akan berhasil Pemasaran Kita.

Faktor Behavior.
Faktor Behavior atau faktor kebiasaan juga akan mempengaruhi kegiatan Pemasaran yang akan Kita lakukan. atau bahkan jika Kita memanfaatkan Faktor Behavior untuk melakukan Pemasaran justru akan berhasil Misalkan Kita akan memasarkan Produk Kosmetik terkenal didunia dan Mahal maka Kita dapat melakukan Pemasaran kepada para selebriti atau Ibu ibu Sosialita yang mempunyai kebiasaan membeli Barang barang mewah.

Faktor Physico Graphis.
Faktor 
Physico Graphis hampir sama dengan faktor Faktor Behavior akan tetapi ini lebih spesifik lagi misalnya lebih kepada Kepribadian dan Life Style.

Kesimpulan

Keberhasilan suatu Pemasaran sangat ditentukan bagaimana Kita melakukan riset sesuai dengan kaidah kaidah strategi Pemasaran.
Setelah Kita berhasil melakukan pemasaran, langkah berikutnya yaitu Branding dan Positioning , baik itu target sebagai Market leader maupun sebagai Market Chalange.


Akhirnya Persepsi Konsumen akan menentukan Pertempuran dalam persaingan Produk yang akan Kita Pasarkan.
Jadi pertempuran yang sebenarnya tidak terjadi di Pasar melainkan akan terjadi di benak Pelanggan / Konsumen.


Rangkuman Perkuliahan Keempat.

Pendahuluan
Keberhasilan Strategi Pemasaran tidak lepas dari Riset Pasar yang harus Kita lakukan.
Riset pasar terhadap Produk yang akan kita luncurkan meliputi Riset Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan dan Ancaman.
Atau yang biasa disebut SWOT atau Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threats.





Marketing Mix
Kegiatan Pemasaran mencakup keseluruhan lini dari aspek Produk yaitu dikenal dengan istilah "4 Ps of Marketing" Product Promotion Place dan Price,  keempat aspek tersebut wajib dilakukan Riset Pasar agar Kegiatan Pemasaran yang akan Kita lakukan membuahkan hasil yang baik.



Implementasi Riset Pasar.
Ada 3 fase dalam melakukan riset Pasar yaitu : Predesing, Research Desing dan dilanjutkan dengan Implementasi Riset.
Ada beberapa metoda Riset Pasar yaitu : Riset Kualitatf, Riset Kuantitatif, Metode Deskriptif, Metode Casual.



Kesemua Metode diatas mempunyai Formulasi pengambilan Sampel....biasanya untuk mewakili Riset Populasi di suatu daerah Kita akan mengambil sampel 10% dari Populasi dan diambil Random.
Riset Pasar untuk Produk yang akan Kita luncurkan tidak lepas dari Segmentation Market yang sudah dibahas dalam pertemuan Perkuliahan yang lalu seperti Faktor Georafis, Demografis, Behaviore dan Physco Graphis.

Product Life Cycle
Product life cycle atau Daur Hidup Produk atau dapat dijelaskan sebagai Sejauh mana Produk yang akan Kita pasarkan dapat bertahan dipasar seiring dengan berjalannya waktu.
Ada 4 fase daur hidup produk yaitu :
1. Fase Intro atau pengenalan atau Permulaan
2. Fase Growth atau fase pertumbuhan.
3. Fase Maturity atau Fase Puncak Penjualan dari produk.
4. Fase Decline atau Fase Menurun yang mana Produk yang Kita pasarkan telah mengalami Kejenuhan atau ada Pesaing yang juga meluncurkan produk sejenis.


Setiap Produk biasanya akan mengalami Kelahiran dan Kematian baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Suatu prodik pada suatu waktu bisa saja sangat laku dan disukai orang, namun dilain waktu produk itu tidak lagi laku dijual.
Jadi pengertian daur hidup produk adalah tahapan dari Lahir, Bertumbuh, Dewasa dan Mati.
Setiap produk memiliki masa daur hidup produk yang berbeda beda, Produk Elektronik misalnya memiliki rentang waktu yang sempit atau cepat mati, sedangkan produk makanan biasanya dapat bertahan lama.

Strategi Pemasaran disaat tahap penurunan.
1. Meningkatkan Investasi untuk mendapatkan Dominasi Pasar dan Posisi Persaingan yang baik.
2. Memodifikasi Produk agar manfaat produk lebih meningkat.
3. Mencari pasar baru agar mendapat pangsa pasar baru yang dapat dimasuki.
4. Bertahan hingga ketidakpastian Industri dapat diatasi. dengan cara meninggalkan pembeli yang kurang menguntungkan dan meningkatkan investasi khusus kepada segmen pembeli yang masih memberikan keuntungan.



Kesimpulan
Strategi Pemasaran sangat menentukan keberhasilan produk yang akan kita luncurkan pada Konsumen.
Strategi pemasaran juga tidak lepas dari keberhasilan Riset pasar dan Daur Hidup suatu Produk.
Inovasi inovasi baru terkait kondisi pasar dan Daur Hidup Produk, sangatlah dibutuhkan dalam menjaga keberlangsungan penjualan produk pada Konsumen.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Efektivitas Pembelajaran yang ditunjang dengan Instrumen analisis  butir soal Oleh R Agus Suryahadi 1882050080 KATA PENGANTAR Assalamu’ala...